Saturday, June 9, 2012

Nasi Goreng Pedas


Nasi Goreng Pedas

Hidangan dengan berbahan dasar nasi yang dimasak dengan tumisan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay dsb. kemudian dapat dicampur dengan beberapa bahan tambahan seperti telur, daging, sayuran, dan aneka seafood pasti sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Terkadang hidangan ini dimasak menggunakan kecap namun beberapa orang lebih menyukai hidangan ini disajikan tanpa kecap. Inilah hidangan yang sudah terkenal hingga seluruh dunia. Hidangan yang dimakan tanpa mengenal batas waktu. Banyak orang yang menyantap hidangan ini sebagai makan pagi, siang atau malam. Hidangan yang disukai hampir seluruh kelompok umur. Apalagi jika bukan “nasi goreng”.


Pada umumnya di Indonesia nasi goreng dimasak dengan menggunakan kecap sehingga ada sensasi manis pada rasa nasi goreng. Akan tetapi, beberapa orang yang tidak menyukai rasa manis kecap lebih memilih mengurangi penggunaan kecap atau bahkan tidak menggunakan kecap ketika memasak nasi goreng. Nasi goreng yang hanya memiliki rasa gurih, asin dan manis sepertinya belum terasa mantap dan nikmat, terlebih lagi bagi orang yang menyukai nasi goreng tanpa kecap sehingga perlu ditambahkan rasa lain agar penikmat nasi goreng lebih nikmat menyantapnya. Rasa yang perlu ditambahkan yakni rasa pedas. Rasa pedas pada dasarnya merangsang nafsu makan seseorang termasuk pada hidangan nasi goreng. Rasa pedas pada nasi goreng dapat diperoleh dari cabai, lada, paprika, dan jahe.

Saat ini aneka nasi goreng pedas mudah dijumpai di sekitar Anda. Bahkan jika Anda ingin membuat sendiri nasi goreng pedas juga tidaklah sulit. Rasa pedas pada nasi goreng pedas sangat bervariasi. Anda boleh memilih hidangan pilihan nasi goreng pedas sesuai selera Anda. Begitu pula derajat kepedasan yang Anda inginkan dapat disesuaikan. Rasa pedas yang biasa ditemui adalah pedas cabai. Akan tetapi, cabai itu sendiri juga bervariasi. Nasi goreng yang menggunakan cabai rawit akan terasa lebih pedas dibandingkan nasi goreng yang menggunakan cabai keriting. Lain halnya dengan cabai hijau yang memberikan rasa gurih dan aroma yang lebih mantap. Rasa pedas yang ditimbulkan dari lada pada nasi goreng akan berbeda dengan rasa cabai. Rasa pedas lada menimbulkan sensasi hangat pada pencernaan. Nasi goreng ini cocok jika dihidangkan dalam cuaca atau kondisi yang dingin. Tak hanya cabai dan lada yang dapat memberi rasa pedas, salah satu rempah-rempah ini juga memberikan rasa pedas jika ditambahkan sebagai bumbu nasi goreng. Rempah-rempah ini adalah jahe. Rasa pedas yang dikeluarkan jahe adalah rasa pedas yang getir, namun dapat memberikan aroma khas yang segar.

Nasi goreng pedas adalah pilihan hidangan bagi Anda penggemar rasa pedas. Anda dapat berkreasi dengan rasa pedas sesuai dengan selera dan kebutuhan. Derajat kepedasan juga dapat anda sesuaikan. Akan tetapi, Anda harus tetap memperhatikan kesehatan pencernaan. Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan seperti maag, sebaiknya Anda mengurangi derajat kepedasan agar makan nikmat dengan lambung yang sehat.

No comments:

Post a Comment